Welcome to My Blog

Rabu, 14 Januari 2009

Melihat dunia dengan Google Earth

Melihat dunia dengan Google Earth


The Secret of Google Earth - Rahasia Google Earth :
Melihat dunia / Peta bisa dengan download dari software Google Earth, hampir serupa seperti melihat dunia dari kejauhan dan serasa berjalan di ruang angkasa / udara. Coba aja deh.

Bagaimana melihat dunia, dengan cara ini kita seperti dapat melihat dunia.
Melihat dunia dengan Google Earth - melihat dunia dengan internet.
Kita dapat melihat seluruh tempat yang ada di muka bumi ini dengan software Google Earth mudah didownloadnya dan mudah dijalankannya, ada beberapa softaware sejenis, tetapi jauh kehebatannya dengan Google Earth karena saya sudah lama sekali memakainya.


Daerah wisata - jakarta.



(Citra Land-S.Parman-Jkt)
Proses download dan installnya sangat mudah. Kita seperti memiliki pengalaman mengelilingi dunia.
Kita dapat menggunakan software ini untuk mengetahui lokasi rumah kita seperti dari udara atau seperti dari antariksa dan kita dapat melihat rumah teman-teman kita, juga letak rumah dan posisi rumahnya secara jelas.


Hebat kan bahkan bisa lihat sampai ke antariksa semua
asik kan ...software Google Earth


(sayang nya belum bisa seperti ini - kapan ya ...)

Peta yayasan baby sitter dan pembantu cempaka putih, cengkareng, kedoya
Dengan google Earth ini kita dapat melihat dunia dengan internet, gambar yang ditampilkan adalah gambar sesunggunya dari satelit.
Sebelum berpergian kita juga dapat melihat lokasi negara-negara didunia seperti singapore, australia, amerika dan lain-liannya.


(Taman Anggrek - Jkt)
Kita serasa wisata gratis dengan pesawat antarika karena gambar yang terlihat secara stremming dan bisa juga mengitung jarak antara suatu tempat dengan real.




(Pentagon - Amerika Serikat)
Kita juga dapat mengetahui letak negara negara dunia secara nyata. Dengan Google earth ini juga kita dapat menghitung jarak negara negara didunia atau menghitung jarak suatu tempat. Inilah kelebihan dari Google khususnya Google Earth. Contoh Photo Google Earth Lainnya.

Pemanfaatan jaringan teknologi informasi untuk dunia pendidikan.

Pemanfaatan jaringan teknologi informasi untuk dunia pendidikan.

Pemanfaatan jaringan teknologi informasi untukdunia pendidikan.
Pendahuluan
Dewasa ini perkembangan dan kemajuan teknolgi informasi berjalan sangat cepat.
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi, penyimpanan dan
pengiriman data semakin murah dan semakin baik kualitasnya.Baik individu,
institusi, maupun pemerintah ikut melakukan berbagai upaya untuk memanfaatkan
perkembangan teknologi informasi ini.
Bahkan dalam dunia pendidikan di
Indonesia, sudah saatnya kita memanfaatkan
teknologi informasi tersebut. Apalagi dengan
adanya program school net, jardiknas dan
sebagainya ., maka seluruh komponen
lembaga pendidikan dituntut menyiapkan
diri dengan menyiapkan sarana prasarana
untuk memanfaatkan perkembangan teknologi
informasi tersebut. Teknologi informasi ini akan
memberikan nilai tambah dalam proses pembelajaran.Hal ini berkaitan dengan semakin
tingginya kebutuhan informasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang tidak semuanya
diperoleh dalam lingkungan sekolah. Demikian pula pada saat melakukan pertukaran data
dan informasi antar sekolah, sekolah dengan masyarakat, sekolah dengan pemerintah
daerah dan pusat, dan lain-lain, semuanya akan lebih efektif dan efisien jika memanfaatkan
teknologi informasi.
Pemanfaatan jaringan Internet dalam dunia pendidikan
Perkembangan internet dalam dunia pendidikan telah menghasilkan sebuah
sistem pembelajaran jarak jauh. Dengan sistem ini maka seorang pelajar tidak perlu lagi
pergi kesekolah seperti layaknya sekolah formal. Namun cukup meluangkan waktunya
untuk bertatap muka dengan dosen atau guru lewat monitor komputer.Demikian juga
pelajar tidak hanya memperoleh informasi tentang pengetahuan melalui buku perpustakaan
bahkan harus pergi ke perpustakaan untuk memperoleh pengetahuan, namun cukup ada di
depan monitor, pengetahuan yang akan dicari sudah tersedia. Bahkan seorang guru akan
dengan mudah mencari bahan ajar yang sesuai dengan bidangnya dan juga seorang siswa
dapat mendalami ilmu pengetahuan yang didapatkan dengan didukung kemampuan untuk
mencari informasi tambahan diluar yang diajarkan oleh guru. Demikian pula masyarakat
( wali murid, Dewan pendidikan dan komite sekolah ) juga dapat memberikan masukan
dan mengontrol sekolah dalam memilih dan menggunakan buku pendidikan yang
berkualitas. Dengan demikian akan terjadi perubahan pola pikir serta kreatifitas guru dan
siswa serta masyarakat dapat berkembang dengan pesat , sehingga terjadi cakrawala
berpikir yang lebih kontektual dan lebih mudah mencerna informasi yang masuk tersebut.
Bahkan dalam lingkup pendidikan , sudah saatnya dibentuk suatu jaringan
informasi yang memanfaatkan teknologi informasi ini. Dengan demikian terdapat suatu
jaringan terhubung antar sekolah sebagai pertukaran data dan informasi secara cepat,
akurat dan tentunya murah dalam segala bidang .Penyebaran ide maupun metode
pembelajaran dalam proses pembelajaran yang lebih tepat pun akan lebih mudah sampai
kepelosok daerah yang selama ini mengalami kesulitan untuk menerima informasi
terkini.Adapun kendala yang masih dihadapi di Indonesia aalah jangkauan jaringan
elekomunikasi yanmg masih terbatas. Infrastruktur ini masih menjadi kendala besar bagi
lingkungan pendidikan dalam memanfaatkan jaringan teknologi informasi. Dalam
pembangunan jaringan informasi interkoneksi akan membutuhkan jaringan penghubung
yang dikenal dengan LAN/WAN/Internet..
Kendala lain adalah faktor biaya, baik biaya perangkat keras maupun perangkat
lunak.Pada umumnya seklah-seklah yang memiliki laboratorium komputer punyai nilai plus
bagi orang tua siswa untuk menyekolahkan anaknya. Secara umum hampir sebagian besar
sekolah-sekolah untuk daerah perkotaan telah memiliki laboratorium tersebut , baik itu
jaringan intranet mapun internet.
Memanfaatkan internet dalam pelajaran merupakan salah satu sumber pelajaran
baikmbagi siswa maupun guru. Menurut Earlyanti , komputer yang terakses keinternet
merupakan kebutuhan pokok,. Mengapa ? “ Pembelajaran akan lebih efisien dan efektif
sehingga siswa tidak tertinggal dalam mendapatkan informasi. Terkini yang tidak dapat
diperoleh dari guru dikelas.
Bahkan guru dipacu untuk tidak tertinggal dari siswanya.Untuk itu saat ini sangat
tepatlah jika diruang guru disediakan seperangkat komputer yang yang telah terakses
dengan jaringan teknologi informasi atau dikenal dengan Internet. Bahkan penugasan
siswa dapat dilakukan melalui jaringan internet. Memang , untuk itu diperlukan biaya yang
tidak sedikit yang harus dikeluarkan baik pihak sekolah maupun siswa. Akan tetapi
dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh , pemanfaatan jaringan internet tampaknya
harus sudah masuk sebagai sumber belajar yang perlu diperhitungkan. Menurut M.Netza
M. Iqbal, dalam karya ilmiahnya bagi guru dan siswa, internet menawarkan beberapa
kesempatan utnuk diraih .
Bagi guru jaringan Informasi Internet menawarkan beberapa kesempatan untuk
diraih,seperti :
•Meningkatkan pengetahuan.
•Berbagi sumber diantara rekan seprofesi.
•Bekerja sama dengan guru di luar negeri.
•Berpartisipasi dalam forum pendidikan baik regional maupun internasional
•Mencari sumber bahan ajar.
•Mencari metode belajar baru.
Sedangkan bagi siswa Jaringan Informasi Internet menawarkan kesempatan untuk :
•Meningkatkan pengetahuan.
•Meningkatkan kepekaan akan permaslahan yang ada diseluruh dunia.
•Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain baik di dalam maupun di luar negeri.
•Mengembangka kemampuan di bidang penelitian.
•Sebagai media praktek ilmu yang didapatkan di sekolah.
Dalam bidang pendidikan , media Internet memiliki 3 karakter , yaitu :
1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan
terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many.
2. Memiliki sifat interaktif.
3. Memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron ( syncronous ) maupun
tertunda ( asyncronous ).
Menurut Jonathan L.Parapak, Chairman Across Asia Multimedia Indonesia, mengatakan
ada 7 manfaat penggunaan teknologi dalam pembelajaran, antara lain :
1. Mempermudah akses iptek terkini secara global kekinian.
2. meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran melalui dukungan multimedia
interaktif.
3. memperluas jangkauan dan khalayak pembelajaran melalui internet dan jaringan
multimedia.
4. mendorong peran aktif si pembelajar untuk kreatif dan inovatif
5. meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengelolaan lembaga pembelajaran.
dibandingkan dengan manfaat yang diperoleh , pemanfaatan jaringan internet tampaknya
harus sudah masuk sebagai sumber belajar yang perlu diperhitungkan. Menurut M.Netza
M. Iqbal, dalam karya ilmiahnya bagi guru dan siswa, internet menawarkan beberapa
kesempatan utnuk diraih .
Bagi guru jaringan Informasi Internet menawarkan beberapa kesempatan untuk
diraih,seperti :
•Meningkatkan pengetahuan.
•Berbagi sumber diantara rekan seprofesi.
•Bekerja sama dengan guru di luar negeri.
•Berpartisipasi dalam forum pendidikan baik regional maupun internasional
•Mencari sumber bahan ajar.
•Mencari metode belajar baru.
Sedangkan bagi siswa Jaringan Informasi Internet menawarkan kesempatan untuk :
•Meningkatkan pengetahuan.
•Meningkatkan kepekaan akan permaslahan yang ada diseluruh dunia.
•Meningkatkan komunikasi dengan siswa lain baik di dalam maupun di luar negeri.
•Mengembangka kemampuan di bidang penelitian.
•Sebagai media praktek ilmu yang didapatkan di sekolah.
Dalam bidang pendidikan , media Internet memiliki 3 karakter , yaitu :
1. Sebagai media interpersonal dan juga sebagai media massa yang memungkinkan
terjadinya komunikasi one-to-one maupun one-to-many.
2. Memiliki sifat interaktif.
3. Memungkinkan terjadinya komunikasi secara sinkron ( syncronous ) maupun
tertunda ( asyncronous ).
Menurut Jonathan L.Parapak, Chairman Across Asia Multimedia Indonesia, mengatakan
ada 7 manfaat penggunaan teknologi dalam pembelajaran, antara lain :
1. Mempermudah akses iptek terkini secara global kekinian.
2. meningkatkan kinerja dan kualitas pembelajaran melalui dukungan multimedia
interaktif.
3. memperluas jangkauan dan khalayak pembelajaran melalui internet dan jaringan
multimedia.
4. mendorong peran aktif si pembelajar untuk kreatif dan inovatif
5. meningkatkan efisiensi dan produktivitas pengelolaan lembaga pembelajaran.

Selasa, 13 Januari 2009

Membuat Sendiri Antenna Wireless Internet 2.4GHz

Oleh : Onno W. Purbo

Mungkinkah membuat sendiri antenna untuk WLAN 2.4GHz? Mengapa tidak? Ada beberapa referensi menarik di Internet yang dapat memberikan inspirasi bagaimana membuat sendiri Antenna 2.4GHz sendiri, diantaranya adalah:

http://users.bigpond.net.au/jhecker/ (antenna helical)
http://www.saunalahti.fi/~elepal/antenna1.html (antenna dipole / yagi sederhana).
http://www.seattlewireless.net/index.cgi/BuildingYagiAntennas (antenna yagi).
http://www.qsl.net/ki7cx/wgfeed.htm (feed system untuk parabola).
Dll. masih banyak lagi.

Salah satu antenna yang saya lihat paling menarik adalah antenna helical yang dirancang oleh Jason Hecker (jason@air.net.au). Untuk memberikan gambaran bagi para pembaca saya coba terjemahkan secara bebas penjelasan Jason dari http://users.bigpond.net.au/jhecker/.

Komponen yang perlu disiapkan antara lain adalah:
1 x 0.55 meter pipa pralon diameter 40 mm (40 mm inner, 42-43 mm outer).
1 x 40 mm (diameter) penutup pralon.
1 x 150 mm (diameter) penutup pralon atau potongan plastik / kayu yang tenbal dengan diameter yang sama.
2 x 25 mm atau 35 mm baut U.
8 x mur untuk baut U.
8 x ring untuk baut U.
1 x 5/16” baut (yang pendek) dengar mur & ring yang cocok.
1 x lempengan kuningan dengan ketebalan 0.4-0.7 mm secukupnya untuk dipotong dengan lingkaran berdiameter 130 mm.
Kabel tembaga diamter 1 mm berlapis email sepanjang beberapa meter.
1 x konektor N untuk di letakan di panel.
3 x mur & ring untuk konektor N tersebut.
Print PDF file berisi pattern antenna helical, atau membuat sendiri dari perhitungan di bawah. File PDF dapat di ambil dari http://users.bigpond.net.au/jhecker/.
Lem Araldite yang lambat mengeringnya.
Lem Loctite 424 atau yang mirip (seperti superglue atau hotglue gun).
Penutup silicon.
Selotape.

Peralatan yang dibutuhkan:
Gergaji.
Meja yang rata / datar.
Pemotong kabel.
Kunci untuk baut 5/16”.
Obeng untuk konektor N.
Bor
Solder
Gunting (untuk menggunting lempeng kuningan).
Pisau.

Langkah membuat antenna tersebut adalah:

Print & potong template dari PDF file yang anda ambil di http://users.bigpond.net.au/jhecker/. Ada tiga file, yaitu, circle.pdf dan rhspiral.pdf atau lhspiral.pdf. Gunakan rhspiral untuk right handed spiral helicals dan lhspiral untuk left handed spirals. Anda membutuhkan circle untuk membuat ground plane (reflector), kecuali jika anda dapat membuat lingkaran dengan diamter 130 mm yang baik.

Potong pipa pralon 40 mm sepanjang 550 mm (55 cm).

Lilitan template lilitan rhspiral atau lhspiral di pipa pralon dan selotape ujung-ujungnya. Tidak masalah anda menggunakan RIGHT atau LEFT handed template selama ujung-ujungnya menyambung. Pastikan spiral yang kita gambar menyambung ujung ke ujung. Sedikit gap tidak terlalu masalah. Yang perlu di ingat bahwa jika anda menyatukan LEFT & RIGHT handed helical, maka total sinyal akan saling mematikan.

11.bmp

Di ujung awal tempate akan menjadi tempat menempelkan ke dasar antenna. Sebaiknya ujung awal di lebihkan sedikit untuk mengkompensasi ketebalan penutup pralon 40 mm. Seperti tampak pada gambar.
2.bmp

Gunakan ujung yang lancip seperti cutter, beri tanda pada template sepanjang jalur helical dalam interval tetap, misalnya 5 atau 6 tanda setiap putaran. Dengan cara ini kita akan meninggalkan tanda pada pralon untuk memudahkan pada saat kita melilit kabel email. Beri tanda di mana kabel email berhenti di pipa pralon. Anda harusnya mempunyai beberapa mm kelebihan di pipa pralon. Hal ini OK.

Lilitan kabel tembaga berlapis email dan gunakan superglue atau Loctite 424 untuk menempelkan kabel ke tempat akhir kabel di pipa pralon. Perlahan lilitkan kabel sepanjang pipa pralon ikuti tanda spiral yang telah kita toreh di pipa pralon. Pada interval yang sama, misalnya setiap ½ atau 1/3 lilit, tambahkan lem untuk menempelkan kabel di tempatnya.

Pada saat anda mendekati akhir lilitan, lilitan terakhir jangan di lem. Biarkan cukup banyak kabel (10 cm atau lebih) di akhir lilitan. Biarkan dulu beberapa saat sampai lem mengering.

Potong lempengan kuningan atau tembaha dengan diameter 130 mm diambil dari circle.pdf

Bor lubang pada penutup pralon 150 mm dan lempengan 130 mm untuk baut dan konektor N. Semua berpusat pada penutup pralon 40 mm yang akan ditempelkan para penutup pralon 150 mm. Posisikan konektor N pada pinggiran kanan dari penutup pralon 40 mm.

31.bmp

Potong penutup pralon 40 mm agar ada tempat cukup untuk konektor N maupun lubang baut-nya yang tiga buah itu. Untuk memberikan gambaran potongan lihat gambar.

4.bmp

Lubangi di tengah penutup pralon agar cukup untuk baut 5/16”. Penutup pralon dengan potongan maupun lubang baut tampak pada gambar.

5.bmp

Baut penutup pralon 40 mm dan 150 mm menjadi satu seperti tampak pada gambar. (konektor N & reflektor belum terpasang).

6.bmp

Tempat penempelan baut U terserah kepada kita tergantung pada ukunran-nya 25 atau 35 mm atau berapapun. Pastikan agar tidak mengganggu pada saat kita memasang kabel coax di konektor N.

Pasang lempengan tembaga atau aluminium 130 mm pada penutup pralon 150 mm, dan bautkan pada penutup pralon 40 mm. Pastikan semua lubang pada lempengan dan penutup pralon pas.

Sambungkan konektor N.

Untuk dapat matching impedansi antenna yang biasa sekitar 150 ohm untuk antenna helical ke kabel coax yang hanya 50 ohm, anda membutuhkan lempengan tembaga atau kuningan selebar 15-20 mm. Potong lempengan tersebut diagonal dan hubungkan dari konektor N ke ujung antenna. Ukuran potongan tembaga yang digunakan pada sisi tegak adalah 17 mm dan 71 mm dengan diagonal 73 mm. Lempeng aluminium tidak dapat di solder, jadi jangan digunakan. Lempeng kuningan yang baik digunakan. Lihat gambar untuk jelasnya.

7.bmp
Masukan pipa pralon ke penutup pralon 40 mm dan tandai dimana spiral akan bertemu dengan ujung penutup. Potong kabel email yang berlebih disini, gunakan ampelas untuk menghilangkan email yang ada agar siap di solder.

Solder lempeng tembaga yang baru kita buat di atas ke kabel email dari spiral helical. Gunakan lem seperlunya. Mungkin anda perlu melakukan trimming dari lempengan lembaga untuk mencocokan ukuran.

Pada saat pipa pralon masuk secara penuh ke penutup pralon 40 mm, seharusnya pipa akan masuk dengan baik. Setelah itu lempengan tembaha yang menjadi matching impedansi di solder ke konektor N.

Agar pipa pralon menempel dengan baik ke penutup pralon 40 mm, ampelas permukaan kedua benda yang akan saling berhubungan ini dengan ampelas agar lem yang kita gunakan dapat lebih baik menempelkan pralon.

Gunakan lem Araldite yang SLOW DRYING (bukan 5 menit). Letakan Araldite di ujung bawah pipa pralon & di dalam penutup pralon. Atur posisi konektor N & rangkaian matching impedansinya.

Biarkan lem mengering (sekitar satu hari). Pasang baut U dan anda sudah memiliki sebuah antenna helical. Bentuk konektor N yang menonjol melalui lempengan tembaga yang terhubung pada lempengan matching impedansi tembaga tampak pada gambar.

8.bmp

Alasan utama mengapa penutup 150 mm digunakan agar kita dapat menutup selurtuh konstruksi antenna menggunakan pipa pralon 150 mm sehingga aman dari ganggung cuaca burung dll.

Beberapa hal penting

Test pipa pralon yang akan digunakan untuk antenna di dalam oven microwave. Kalau pipa pralon menjadi panas setelah di oven selama 2 menit-an, artinya bahan pipa pralon tersebut tidak baik untuk antenna, karena akan mengambil energi radio.

Rangkaian matching impedensi di atas tidak terlalu sensitif.

Antenna ini cukup baik digunakan untuk jarak 3-4 km dengan line of sight yang baik.

Ada banyak kemungkinan variasi disain, misalnya kita dapat mengunakan PCB yang di etch sesuai dengan pola circle sebagai reflektor.

 
Teknologi Informasi © 2007 Template feito por Templates para Você